Makan Lomie & Resepnya :)

Saya kan memang suka segala sesuatu berbau makanan. Dari icip2 makanan baru, ngantri di tempat makan yang penuh audzubillah, saya juga suka masak šŸ™‚ YAng pernah2 maen ke rumah kali pernah ngrasain ya šŸ™‚

Nah, kebeneran siang ini saya udah rencana mau makan lomie. BUat yang belum tau, lomie ini tipe mie kuah yang kuahnya kental, dan pake kangkung juga toge. Cocok buat yang suka sayur2, rasanya enak abis !

Buat saya, lomie paling jago di Bandung tetep ada di Jalan Suwatama daerah Pandu Pajajaran situ. Istimewanya disana, ada taburan usus ayam šŸ™‚ Selain itu, lomie 61 yang ada di jalan Kalipah Apo dan belakangan di Jalan Riau juga boleh dicoba. Ada satu lagi, Lomie Karuhun di Jalan Pasirkaliki. Lomie Imam Bonjol juga ngga kalah enak, mana harganya jauh lebih murah šŸ™‚

Jangan cuma cerita ah, ni saya tulisin resep bikin LOMIE ;

Bahan kuah :

  1. 6 siung bawang merah
  2. 6 siung bawang putih
  3. jamur hioko
  4. kaldu ayam dari satu ayam kampung, udahnya ayamnya disuwir ya
  5. 2 butir telor ayam
  6. bumbu2 macam garam, gula putih sama merica
  7. udang 1 ons
  8. tepung kanji

Bahan Mie & kawan2 :

  1. Mie
  2. Kangkung
  3. Toge gendut
  4. Bawang goreng

Cara masak :

  1. buat kaldu ayam dari ayam kampung tadi. Ayamnya disuwir
  2. bawang merah sama bawang putihnya digerus, trus digoreng sampe kuning
  3. udangnya juga ditumis2 gitu sampe keliatan enak ya
  4. campurin semua bumbu itu (juga udangnya) ke kuah kaldu
  5. kocok telur di mangkok, masukin pelan2 ke kuah kaldu sambil diaduk
  6. masukin campuran tepung kanji sama air sambil diaduk juga

js-lomilotek1

gambar ‘minjem’ dari sini

Sebelum makan :

Siapkan Mie, toge, kangkung yang udah direbus sebentar di mangkok, trus siram deh pake kuah yang tadi dibuat. Atasnya taburin bawang goreng šŸ™‚

Met makan ya. Met masak juga. Buat Amel, resep ini boleh dicoba di rumah ya, nanti undang kita makan, ok? Eh telur yang kemaren pada meledak itu udah ketemu?

Oh dan ini daftar Lomie yang menurut saya boleh dicoba di Bandung :

1. Lomie Pekalongan Jl. Suwatama

2. Lomie Karuhun Jl. Pasirkaliki

3. Lomie 61 Jl. Kalipah Apo (ada juga di Riau Junction)

4. Lomie Lianhoa di Jl. Astana Anyar

5. Lomie depan Gereja Pandu kalo hari minggu

šŸ™‚

78 comments

  1. Bang Aswi · April 30, 2009

    Kalau saya pernah makan lomie di Jl. Banteng bareng istri. Lumayan enak, atau karena saya belum pernah makan lomie jadi dianggap enak. Nah, karena belum pengalaman, mending Shasya traktir saya, pasti dibilang ENAK! Dijamin!

    • pashatama · April 30, 2009

      oyaaa. pernah liat di jalan banteng ya… rasanya bisa dibilang enak juga tuh šŸ™‚

      yahaha, yuk atuh kapan Bang Aswi? kalo bersepeda ya!

  2. -GoenRock- · April 30, 2009

    Belom pernah makan Lomie šŸ˜ Sepertinya syedaph *ngiler*

    • pashatama · April 30, 2009

      tuh ada resepnya, yuk cobain….

  3. .lala · April 30, 2009

    hiyyy…

    *mamerin gigi, siap makan lomie yg dibuat tsya*

    hayuk hayuk

    pesen atu gak pake mie, jadi loyur atuh yah?… :p

    • pashatama · April 30, 2009

      yeh makanya ditulisin menu nya juga, maksudnya bikin NYALIRA, neneng…..!
      gyahahha…..
      SONO WOY!!!

  4. Ace · April 30, 2009

    yg paling enak di daerah pandu itu ya… yg lomie pekalongan itu kah?

    sekali koprolan dari kosan gw, tapi tetep aja gw lom pernah ke situ XD

    • pashatama · April 30, 2009

      iyah, lomie pekalongan…. usus ayamnya, beneran enak pisan!! menurut saya, so far, disitu itu yang paling enak šŸ™‚

      • Ace · April 30, 2009

        sayangnya tutupnya sore jadi gak sempet terus mau ke sana. kalo weekend juga suka lupa mau ke situ :p

  5. Anis · April 30, 2009

    kapan2 kopdar di tempat lomie yuk..

    • pashatama · May 1, 2009

      yuk Anis. di Jalan Riau enak tuh, Lomie 61 šŸ™‚

  6. Ihwan · April 30, 2009

    bungkus resepnya šŸ˜€

    • pashatama · May 1, 2009

      siappp…. nanti kalo udah bikin bagi2 yah

  7. bilik2engeline · April 30, 2009

    jangan yang manis yaaaa…:(

    • pashatama · May 1, 2009

      tinggal kurangin aja kadar gulanyaa….. oya, bisa ditambah kecap asin pula šŸ™‚

  8. senny · May 1, 2009

    ngga suka lomie… banyak sayurnya

  9. pashatama · May 1, 2009

    tinggal jangan pake sayur aja ah. kok repot šŸ™‚

  10. hendri · May 1, 2009

    lomie? kok baru denger ya ?

    • pashatama · May 2, 2009

      yah kemana aja dong ? šŸ™‚

  11. Novri · May 2, 2009

    Hm, eunaak…

    • pashatama · May 2, 2009

      emang šŸ™‚

  12. mursid · May 2, 2009

    maknyuuusss….

    salam kenal bloger solo yang gak isa masak..
    hehehe

    • pashatama · May 2, 2009

      salam kenal juga, makasih ya udah mampir dan komen. ah saya juga ga bisa masak cuma seneng bikin dapur berantakan aja šŸ™‚

  13. palembang · May 6, 2009

    hello..
    intersting..
    and very good.
    i like it

    • pashatama · May 12, 2009

      like the blog or the lomie i talked about ? šŸ˜€

  14. insanmuhamadi · May 10, 2009

    saya pernah yang di kalipah apo
    bener teh, uenak..!

    • pashatama · May 12, 2009

      nah… bisi mau coba di tempat lain, lomie kalipah apo ada di Jalan Riau (lomie 61), dan juga di Riau Junction…. selamat makan ! hihihi

  15. mata · May 11, 2009

    lomie ?
    kalau ditempat saya lomie itu salomie… tapi kayak cilok

    • pashatama · May 12, 2009

      wah apa tuh salomie ? eh emang tempatnya dimana sih?

  16. Asop · May 11, 2009

    Nyoba ah nanti….. šŸ˜€

    *kalo udah punya rumah sendiri dan ga males beli bahan* :mrgreen:

    • pashatama · May 12, 2009

      iya dooong. ntar kalo udah coba, bagi2 yah

  17. deedee · August 3, 2009

    thanks ya shas buat resep nya… nambahin koleksi resep gw yang ga satu pun pernah gw praktekin… wkwkwkwk… jadi keukeuh kayaknya kalo pengen lomie, gw ke imam bonjol aja deh…. :p

    • pashatama · August 4, 2009

      ahaha, Dee… gua juga ga pernah bikin kok, mending beli aja abis yang jual2 juga enak, hehehe… lagian si abang ga suka jadi agak males kalo bikin buat sendiri mah šŸ™‚

  18. itok · August 20, 2009

    ijin copas ya nengg…..

  19. deedee · September 7, 2009

    setelah ditilik-tilik resep lomie ini, kayaknya gw lebih prefer langsung ke imam bonjol aja, langsung siap saji… (*dasar pemalesan*)

  20. fongs · October 25, 2009

    sha,inget gua nggak?dulu sering makan lomie didpn kampus.ntar gua cobain resepmu,gua lagi kangen ama lomie bandung,biasanya gua makan yg dikalipah ampe 2 mangkok he..he..

  21. shasya · October 25, 2009

    Fong! Ga mungkin gw lupa sm elu. Kemana aja siiih? Dan kok bisa mampir kesini? Dari mana taunya? Penasaran nih.

    Iya lomie depan kampus itu boleh juga, lohun juga enak, pake ceker, nyammm!!!

  22. fongs · October 26, 2009

    emang gua pengen bgt makan lomie bdg,dijember kagak ada.resepmu mujarap nggak?gua selalu gagal bikin lomie ha..ha..ntar pasti aku coba,kalo enak tak jualan ha..ha..

    • pashatama · October 27, 2009

      jualan fooong ! pasti rame deh! cari toge nya yang gendut2 yah, jangan yang kurus2, ga enak! hehehe..
      aku masih penasaran gimana caranya kamu nemuin blog ku sih ?

  23. sena · January 13, 2010

    Wah hebat ci sekali aku search kata lomie di yahoo, yang pertama muncul blog ci shasya ini lho! berarti banyak yang buka ya… weleh2 semakin hebat aja blognya…

    btw nyalin resepnya ya hehehe… mau coba2 buat di rumah, tapi tanpa daging dan bawang…

    May happiness be unto all creatures

    from Welly Prasena (masih inget kan kohai yg di UKM?) hehehe

  24. shasya · January 13, 2010

    Ayayah, Welly Kun!, pasti inget dong… Ada 2 alumnus SJ yang nyasar kesini, apa kita2 memang terkontaminasi lomie di depan kampus itu ya jadi semua hobi lomie, hehehe

    Mampir2 lagi ya…. Matta!

  25. Johnny Suparman · February 26, 2010

    Shasya, aku mau nyoba bikin nih, tapi itu tuh … bumbu garam, gulaputih&merica … dimasukkinnya di step nomor berapa dari tahap masak nya (step1-6 semua ga nyebutin masukin garam cs tuh?)
    Apa garam cs nya itu ditahuh di pisin, lantas dicocol aja?
    Kumaha ieu teh Neng?
    Nuhun.

  26. shasya · February 26, 2010

    Dimasukin pas sambil ngaduk kuahnya ya… Jangan dicocol dong šŸ™‚

    • Johnny Suparman · February 27, 2010

      Nuhun Neng utk resepnya,
      btw, fotonya yg lagi gigit kuku mirip HAPPY SALMON, e eeh … HAPPY SALMA! he hee …
      oh ya … Lomie-nya udah jadi, tadinya mau ngirim ke Neng Shasya, tapi keburu kehabisan dimakan kedua anakku. Sorry yah? šŸ™‚

  27. shasya · March 1, 2010

    Ha? Happy Salma? Hmmm tersinggung apa tersanjung ya šŸ™‚

    Berhasil bikin lomie nya? Anak2nya pada suka ya, slameeettt…. Kapan2 bikin lagi, trus beli usus ayam, tabur diatas nya. Enak deeh šŸ™‚

  28. ema · May 12, 2010

    makasih ya resepnya insyaallah nanti dicoba..:)

    • pashatama · April 6, 2011

      sama2 šŸ™‚

  29. Mia · November 25, 2010

    Makasih ya resepnya. Nyokap minta dicariin. Nyokap nanya, jenis mie-nya apa? Mie kuning, mie telor biasa, ato ada jenis mie khusus? Soalnya di majalah kok nama bahan dasar mie-nya namanya lomie.

  30. hartono · February 3, 2011

    saya pernah makan lomie yang di kalipahapo emang enak banget tuh semangkok keliatan nya banyak banget …. truss klo kuah nya bisa coklat gitu di kasih apa yaa ? nihh lagi cari2 resep lomie ketemu blog ini . thanks

  31. Johnny Suparman · February 3, 2011

    @Ema: bahan dasar, biasa saya beli di pasar tradisional, tukang jual bakso & macam2 mie, nama mie nya ya LOMIE atau MIE SIANTAR, yg ukuran mienya itu se-besar2 sedotan aqua gelas.
    @Hartono: saya kira bahan pencoklatnya itu kecap manis (betul enggak Shasya?)
    Happy Cooking to you all.

    • pashatama · October 27, 2011

      iya betul šŸ™‚ boleh pake kecap manis, boleh juga engga kok šŸ™‚

  32. aryu · March 11, 2011

    nyummmyyy.. kayanya enakkkk.. tq y resep nya

    • pashatama · April 6, 2011

      sama2 šŸ™‚ selamat mencoba ya

  33. acil · September 11, 2011

    lengkapin alamat2 lomie sebandung dong.
    Pernah coba di daerah situ aksan?, lumayan juga
    di lodaya…murah, banyak, tapi…rasanya standar

    • pashatama · October 27, 2011

      pernah, aku suka yg di aksan, ada acarnya šŸ™‚

  34. Min9_Li · October 21, 2011

    itu cara masaknya cuma untuk buumbu kuahnya saja y?

    • pashatama · October 27, 2011

      Mie nya tingal direbus aja kok di kuah panas šŸ™‚

  35. sanny · November 17, 2011

    Sya ari jd coklat kuahnya pake kecap ato gula merah?

    • pashatama · November 17, 2011

      pake kecap san šŸ™‚

  36. jaya · March 5, 2012

    pernah nyobain jg tu..anyiiiiiir…… pisan euy!

  37. kusuma · June 10, 2012

    minggu2 nganggur nyoba bikin,
    kebetulan ada temen maen ke rumah, dia bilang coba ditambah taburan ebi kering goreng. bener tambah maknyus.
    thank u yah
    all the best 4 u and yr fam….
    kusuma

    • pashatama · June 11, 2012

      boleh juga coba ditabur usus ayam kering šŸ™‚
      thanks yah..

  38. Risan hadiputra · October 26, 2012

    Di jakarta ada ga yang jualan lomie

  39. ahdhanridzky · November 19, 2012

    lomie jalan ciliwung juga harus coba tuh sebrangnya daisy.
    sama lomie sebrangnya SMP7 wiiih manyos ada tambahan ceker bagi yang suka ceker šŸ˜‰

    • Dessy DJ · March 4, 2013

      iya, rekomendasi banget lomie jalan ciliwung. pangsitnya mantap. bisa pesen setengah (setengah juga udah kenyang).

      • pashatama · March 19, 2013

        oh aku tau tuh yang di ciliwung. enak ya? mau coba ah

    • pashatama · March 19, 2013

      eh aku suka ceker!

  40. puji · November 19, 2012

    mlm ibuuuuu….
    aku sih dah sdikit bsa tentang lomie dan soal rasa bisa ktagihan deh bu.hehe
    yg aku pngin tempat untuk buka usaha lomie dibandung mn yg bagus ibu.
    mohon info nya bu.
    mksh ibu

    • dede · February 22, 2013

      duh mau buka jualan lomie ya kalau menurut saya sih tempat dimana saja yang penting ramai pasti bakaln laku apalagi kalau masakan anda enak banget pasti yang beli akan ketagihan dan akan datang lagi dimana pun tempat nya. sukses ya

  41. Luna · March 8, 2013

    Lomie favorit saya di seberang klinik Elim di jendral sudirman šŸ˜€

    • pashatama · March 19, 2013

      wah kalau saran Luna harus dicoba nih, Sebrang Elim ya? sip deh aku kesana nanti. Bareng yuk?

  42. shandra · August 27, 2013

    Nah satu lagi…prenzz udah nyoba lomie “CERIWIS”lom…hehehhehe……Ļ‘i komp. Taman rahayu..sekitara TKI….enak lhoooo…menurut gue….itu yg enak banget…ada angsio ceker ayam nĪ³Ī±…hmmm…slllrrrppp yummy….yuuukk….kapan neh kita kuliner bareng,,,,

  43. fanny · May 16, 2014

    Yg bikin warnanya coklat itu apa? Kecap manis atau gula merah. Gak disebutin tuh diresepnya.

    • pashatama · May 16, 2014

      bisa pake kecap. ini ga disebut di resep karena tergantung selera. kebeneran aja gambar lomie yang ini pake kecap, kalo ga pake juga gapapa kok.

      • acil · May 30, 2014

        kalo kecap menurut saya wajib deh, soalnya lomie rasa khasnya manis n warnanya coklat, kalo g coklat ntar ketuker sama mie siram.

  44. shu travelographer · May 29, 2014

    Tempat favorit makan lomie saya di Imam bonjol yang dekat unpad. yummy..

    Salam
    http://www.shu-travelographer.com

    • acil · May 30, 2014

      favorit karna yummy atau karna murah…;), saya sekarang lagi suka di daerah mekarwangi,samping toko buku visi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s