“Aku Nggak Mau Jualan Makanan Kayak Mama Kalau Udah Besar Nanti”

“Aku sih nggak mau jualan makanan kayak mama kalau aku udah besar nanti” – begitu kata Biyan anak saya yang cuma satu-satunya itu. Yang namanya hati sempat mencelos juga waktu saya dengar dia bilang begitu. Bukan apa-apa, tadinya saya sempat merasa ini mungkin pekerjaan yang paling menyenangkan yang pernah saya kerjakan, dan saya ingin nanti dia bisa meneruskan apa yang pernah saya mulai ketika umur dia masih di bangku SD kelas 6 (ya kita aminkan aja bahwa jual-jualan makanan ini bisa bertahan setidaknya sampai 2 generasi ya kan?).


“Aku kira jualan makanan itu hanya soal masak dan dagangnya aja, tapi urusan mama kayaknya lebih dari itu dan BANYAK BANGET MAM” – katanya lagi.

Ya memang iya sih. Dulu waktu mulai berdagang makanan saya juga berpikir begitu, masak yang enak, jualan, promo-promo di socmed, hello-hello sama customer yang makan, repeat terus begitu.

Ternyata enggak.

Berdagang makanan ternyata artinya kamu mesti dealing sama manusia lain. Ada supplier, ada karyawan, ada landlord, ada customer, ada pengangkut sampah, ada teknisi listrik, ada tukang, ada kurir, dan rentetan orang lain yang mau nggak mau bersinggungan erat dengan dagangan kamu. Dan tentu saja, nggak semuanya klik dengan baik sama kamu. Ada yang karena gaya bicara yang berbeda, ada yang karena adat istiadat yang berbeda, ada yang karena maksud yang berbeda, ada karena ya emang nyebelin aja.

Pekerjaan ringan yang rutin saya lakukan sejak 5 tahun lalu berjualan makanan adalah posting jam operasional warung di social media. Ini bukan berarti kemudian tidak ada yang nanya di DM “Kak bukanya jam berapa ya?”. Kalau mengikuti kata hati rasanya ingin : ITU BACA UDAH DITULIS! Tapi ga bisa karena berdagang artinya bukan hanya pribadi kita aja yang kita bawa depan publik. Karenanya saya selalu menjawab dengan baik tapi sambil menambahkan bahwa keterangan tersebut sudah ada di profile IG, di Google, dan IG story. Tadinya saya berpikir mencerdaskan kehidupan bangsa bukan kewajiban pedagang makanan seperti saya, tapi kemudian saya berpikir lagi, mungkin ini adalah sedikit yang bisa saya lakukan untuk menggerakkan orang-orang agar mau membaca.

Celetukan Biyan di atas sebetulnya muncul saat saya harus membalas DM “boleh bawa binatang peliharaan ke warung Kak?”. Menulis ini aja membuat saya menarik napas cukup panjang. Pertanyaan yang gampang-gampang susah untuk dijawab. Karena kalau saya jawab iya, warung saya kemudian seolah-olah pet friendly padahal sebetulnya tidak terlalu karena nggak punya kebun (ini lagi cerita warung di Bandung). Kalau saya jawab nggak boleh, ya sebenernya bukan ga boleh juga, tapi kadang kalau pas warung lagi penuh, otomatis orang duduk berdekatan, bahkan tak sekali dua kali harus share meja dengan tamu lain, jadinya yaa kalau ada yang bawa binatang peliharaan pasti mengganggu. Tapi nanti kalau ditegur mungkin saya akan dapat jawaban “lho katanya boleh?!”. Begitulah, serba salah.

Berdagang makanan juga membuat saya harus menerima komplenan perihal parkir. Padahal sebagai warung yang belum punya basement 1 dan 2 untuk parkir, petugas parkir yang ada di sekitar warung saya di Bandung dan Bali bukan karyawan kami sehingga sulit juga untuk mewajibkan mereka melakukan apa yang saya mau. Belum lagi parkir memang selalu jadi masalah ketika ramai, apalagi warung di Bandung bertetangga dengan banyak tempat makan, tempat jajan oleh-oleh dan tempat ngopi. Saya menyebut ini happy problem karena sepusing-pusingnya dikomplen soal parkir, pasti lebih pusing kalau sama sekali nggak ada yang parkir karena nggak ada yang mampir ke warung kita. Duh amit-amit dulu yuk *ketuk ketuk meja*.

Tapi ya berdagang makanan memang begini adanya. Bukan hanya perihal masak yang enak lalu ada yang beli, senang, besok ulangi lagi, terus begitu. Saya pernah bilang pada salah satu karyawan “buka warung itu mirip seperti menyetir mobil jarak jauh, kita harus terus jalan tapi ga boleh lupa liat ada apa di kiri kanan, ga boleh lupa cek kondisi mobil, apa ban perlu diganti, apa perlu diisi angin, apa perlu diisi bensin, mungkin kadang kita bisa ngebut tapi kadang kita mesti memperlambat laju sedikit”.

Jadi seneng nggak Shas berdagang makanan?
Ya senenglah. If there is life after life, maybe I’d do this all over again (kalau nggak laku jadi super model)

Leave a comment